Building e-Learning System with Moodle


Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. Saat ini konsep e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas) maupun industri (Cisco System, IBM, HP, Oracle, dsb).

John Chambers yang merupakan CEO dari perusahaan Cisco System mengatakan bahwa untuk era ke depan, aplikasi dalam dunia pendidikan akan menjadi “killer application” yang sangat berpengaruh. Departemen perdagangan dan departemen pendidikan Amerika Serikat bahkan bersama-sama mencanangkan Visi 2020 berhubungan dengan konsep pendidikan berbasis Teknologi Informasi (e-Learning) [Vision, 2002]. Bagaimana seharusnya aplikasi e-Learning dikembangkan dengan menyeimbangkan antara kebutuhan pengguna dan keinginan dari pengembang. Penjelasan akan dimulai dari pengertian eLearning, mengapa kita memerlukan e-Learning, sejarah e-Learning, beberapa analisa kegagalan eLearning dan strategi pengembangannya e-Learning.


CONTENT
1. Introduction
- The Moodle Philosophy
- The Moodle Experience
- The Moodle Architecture

2. Installing and Configuring Moodle
- Installing Moodle
- Configuration Choices after Installation

3. Creating Categories and Courses
- Using Course Categories and the User Experience
- Creating Courses
- Adding Teachers and Students

4. Adding Static Course Material
- What Kinds of Static Course Material can be Added?
- Files
- Text Page
- Web Page
- Link
- Directory
- Label

5. Adding Interactive Course Material
- Assignments
- Choices
- Journal
- Lesson
- Quizzes
- SCORM
- Survey

6. Adding Social Course Material
- Chat
- Forum
- Glossary
- Wiki
- Workshop

7. Welcoming Your Students
- First Impression: Login Page, Front Page, or Your Page?
- Customizing the Login Page
- Customizing the Front Page
- Combining Anonymous, Guest, and Registered Access
- Look and Feel

8. Features for Teachers
- Logs: Where Are They Stored?
- Using Scales for Feedback, Rating, and Grading
- Grades
- The Teacher Forum

9. Extending and Administering Moodle
- Add-On Modules
- Creative Usage of Backup and Restore


FACILITIES
1. Satu PC multimedia dengan LCD monitor untuk satu peserta
2. Modul materi dalam bentuk cetak hardcover dan CD
3. Certificate of course completion
4. Bebas akses Internet kecepatan tinggi
5. Training kit
6. Makan siang dan snack dua kali


INSTRUCTOR

Moehammad Ferryzal. Lahir di Jakarta 1965. Menyelesaikan SI pada Fakultas Pertanian Universitas Ibnu Chaldun Jakarta ( UIC ) tahun 1989. Keterlibatan dalam dunia IT di mulai pada tahun 1988 ketika diminta untuk menjadi manager EDP sebuah perusahaan busana muslim di Jakarta. Kemudian sejak tahun 1989 diangkat sebagai staf UPT Komputer UIC Jakarta. Setelah lima tahun, diminta untuk menjadi Asisten Purek II Bidang Rohani Islam di UIC Jakarta ( 1995-2000 ). Selama kurun waktu itu juga belajar otodidak berbagai ilmu yang terkait dengan dunia IT. Diawali pada tahun 1999 mulailah debut sebagai trainer IT dengan memberikan pelatihan kepada beberapa orang staf Litbang DepKes Jakarta. Selama enam bulan ( Juli 1999- Desember 1999 ) menjadi Instruktur Pelatihan Komputer pada Program Rehabilitasi Korban Narkoba Yayasan Siti Chadijah yang saat itu dibina oleh Dr. Dadang Hawari. Selama lima tahun berikutnya ( 2000-2005 ) menjadi Dosen/Instruktur Pusat Pelatihan Dan Keterampilan ( PPK ) Jakarta pada jurusan Managemen Informatika dan Akuntansi. Selain itu juga menjadi Dosen tidak tetap pada STI College ( sebuah kerjasama antara Lembaga Pendidikan STI/System Technology Institute yang berasal dari Philipina dengan Perusahaan IT ) dari tahun 2003-2005. Pada tahun 2006 menulis buku tentang Mail Merge yang kemudian diterbitkan oleh Penerbit Equator ( Mizan Group ). Sempat juga menjadi dosen part time pada sebuah lembaga pendidikan terkenal di Jakarta selama satu semester dan kemudian menjadi IT staf serta Web Developer pada sebuah lembaga konsultan pendidikan luar negeri selama enam bulan. Setelah itu sampai saat ini yang bersangkutan lebih menyukai menjadi IT Trainer freelance untuk beberapa perusahaan IT terkemuka di Jakarta.