Map Info


MapInfo adalah aplikasi Sistem Informasi Geografis yang dikembangkan oleh MapInfo corp. sejak tahun 1986. Sebuah perusahaan yang didirikan oleh empat orang mahasiswa (waktu itu) Institut Politeknik Rensellaer, Troy, New York.
Oleh karena komitmennya di dalam bidang garapannya, pada saat ini MapInfo menjadi salah satu produk perangkat lunak SIG yang sangat sukses di pasaran, parameternya:
1. MapInfo tersedia dalam 16 versi bahasa yang berbeda
2. MapInfo terjual ratusan ribu copy di dunia
3. MapInfo menjadi perangkat lunak standard untuk pemetaan di lingkungan pemerintah Australia
4. MapInfo secara defacto menjadi perangkat lunak standard untuk aplikasi – aplikasi telekomunikasi
Sehubungan dengan hal di atas, MapInfo merupakan salah satu perangkat lunak pemetaan (SIG) desktop yang dikembangkan dan kemudian dipasarkan untuk memenuhi (sebagian besar) kebutuhan-kebutuhan di lingkungan bisnis. Perangkat lunak SIG ini memungkinkan para penggunanya utnuk memvisualisasikan dan menganalisa data-data yang menjadi masukannya secara geografis lebih cepat dan menyediakan informasi yang diperlukan di dalam proses pengambilan keputusan.

CONTENT
1. Introduksi MapInfo Professional
2. Pertama Kali Menggunakan MapInfo Professional
3. .Simbol, Warna, dan Label
4. Legenda dan Manipulasi Tampilan Peta
5. Membuat Peta-peta Tematik
6. Menambahkan obyek
7. Bekerja dengan tabel mapinfo
8. Bekerja dengan tabel-tabel basisdata
9. Query, select, find, dan sql untuk data spesial & atribut
10. Geocoding
11. Bekerja dengan grafik
12. Bekerja dengan citra duital
13. Bekerja dengan hot links
14. Membuat layout peta
15. Query & analisis spesial
16. Redistrincting
17. Kumpulan tools mapinfo
18. Bekerja dengan data model permukaan duital & peta prisma

FACILITIES
1. Satu PC multimedia dengan LCD monitor untuk satu peserta
2. Modul materi dalam bentuk cetak hardcover dan CD
3. Certificate of course completion
4. Bebas akses Internet kecepatan tinggi
5. Training kit
6. Makan siang dan snack dua kali


INSTRUCTOR
M. Chaeruddin. Pendiri dan CEO dari Graphia Multimedia Mandiri, sebuah perusahaan animasi dan multimedia di Jakarta, berpengalaman sebagai konsultan dan instruktur design grafis dan animasi diberbagai institusi seperti Merpati Nusantara, Agro Bank, Telkom, Adhikarya dan banyak perusahaan di Jakarta. Saat ini aktif sebagai pengurus ilmukomputer.com dan menjadi instruktur diberbagai acara workshop dan pelatihan yang diadakan ilmukomputer.com. Kompetensi yang dilakukan pada bidang desain grafis, animasi dan multimedia, dan menguasai berbagai aplikasi seperti 3DStudio Max, Swift 3D, Poser, Adobe Photoshop, Corel Draw dan Macromedia Flash, Director, Captivate.

Slamet Riyanto. Mempunyai pengalaman menjadi instruktur desain grafis dan aktif sebagai penulis di Elexmedia Komputindo dengan karyanya: Tips dan Trik Adobe Photoshop 6, Buku Latihan: Membuat Objek 3D dengan Photoshop 7, Special Project: Melukis Digital dengan Photoshop, Singkat Tepat Jelas: Adobe PageMaker 7.0, dan Buku Latihan: Desain Publikasi dengan PageMaker 7.0. Saat ini aktif bekerja menjadi graphic designer di Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-LIPI. Pengembang situs dan designer lepas di berbagai perusahaan IT di Jakarta