Desktop Publishing with Corel Draw and Photoshop


Corel Draw merupakan aplikasi design grafis yang banyak digunakan untuk melakukan kompilasi design berbagai media cetak seperti membuat brosur, buku, iklan dan lain sebagainya. Format vector yang digunakan membuat hasil karya yang dihasilkan menjadi lebih jelas dan ukuran filenya lebih kecil, sehingga dapat mempercepat proses output yang dihasilkan. Proses prepress didahului dengan proses setting terhadap file yang akan dicetak, baik terhadap jenis kertas, ukuran cetak, jenis mesin cetak, dan lain-lain. Dalam training ini akan dipandu bagaimana mempersiapkan format setting file sebelum naik cetak, dan juga mempelajari dasar2 penggunaan tools-tools yang ada didalam menu corel draw, serta akan dibahas juga berbagai aplikasi yang bisa dibuat dengan menggunakan corel draw. Aplikasi pengolah gambar saat ini sudah tidak terhitung lagi, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit dalam hal penggunaannya. Dari sekian banyak program yang diminati banyak orang dan menjadi referensi di kalangan graphic designer adalah Adobe Photoshop. Fitur-fitur yang disediakan sangat mudah digunakan, sehingga membuat program ini banyak dimanfaatkan untuk bidang fotografi, web design, publishing, adversiting, maupun ilustrasi.


CONTENT
1. Dasar Photoshop & Corel Draw
2. Looking at the Work Area
3. Bekerja Dengan Warna
4. Membuat Color and Tonal Adjustments
5. Selecting
6. Transforming and Retouching
7. Menggunakan Channel
8. Menggunakan Layers
9. Aplikasi Filter for Special Effects
10. MenggunakanType
11. Saving and Exporting Images
12. Printing
13. Dasar Publikasi Media
14. Komposisi Teks, Warna dan Gambar
15. Menggunakan Effect & tool
16. Pre Press Setting
17. Finishing Cetak


FACILITIES
1. Satu PC multimedia dengan LCD monitor untuk satu peserta
2. Modul materi dalam bentuk cetak hardcover dan CD
3. Certificate of course completion
4. Bebas akses Internet kecepatan tinggi
5. Training kit
6. Makan siang dan snack dua kali


INSTRUCTOR

M. Chaeruddin, Pendiri dan CEO dari Graphia Multimedia Mandiri, sebuah perusahaan animasi dan multimedia di Jakarta, berpengalaman sebagai konsultan dan instruktur design grafis dan animasi diberbagai institusi seperti Merpati Nusantara, Agro Bank, Telkom, Adhikarya dan banyak perusahaan di Jakarta. Saat ini aktif sebagai pengurus ilmukomputer.com dan menjadi instruktur diberbagai acara workshop dan pelatihan yang diadakan ilmukomputer.com. Kompetensi yang dilakukan pada bidang desain grafis, animasi dan multimedia, dan menguasai berbagai aplikasi seperti 3DStudio Max, Swift 3D, Poser, Adobe Photoshop, Corel Draw dan Macromedia Flash, Director, Captivate.

Slamet Riyanto. Mempunyai pengalaman menjadi instruktur desain grafis dan aktif sebagai penulis di Elexmedia Komputindo dengan karyanya: Tips dan Trik Adobe Photoshop 6, Buku Latihan: Membuat Objek 3D dengan Photoshop 7, Special Project: Melukis Digital dengan Photoshop, Singkat Tepat Jelas: Adobe PageMaker 7.0, dan Buku Latihan: Desain Publikasi dengan PageMaker 7.0. Saat ini aktif bekerja menjadi graphic designer di Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-LIPI. Pengembang situs dan designer lepas di berbagai perusahaan IT di Jakarta